Pendampingan Diversifikasi Kemasan, Rasa, dan Bentuk Keripik Kelompok Usaha Bersama Telo Rezeki di Jalan Pagar Alam

Dewi Sartika, Neti Yuliana, Susilawati Susilawati

Abstract


Sentra Industri Rumah Tangga (IRT) Keripik di Jalan Pagar Alam  merupakan salah satu sentra wisata kuliner yang cukup digemari dan sangat dikenal masyarakat Lampung. Akan tetapi, produk yang dihasilkan dari IRT keripik ini sudah jenuh, tidak ada inovasi dan tidak ada pembaharuan. Produk keripik dijual dalam bentuk apa adanya, umumnya tidak dikemas atau ditampilkan dalam bentuk curah, sehingga sulit untuk dipasarkan ke supermarket atau ekspor ke luar negeri. Oleh karena itu transfer teknologi tepat guna diperlukan untuk mengembangkan diversifikasi kemasan, rasa, dan bentuk keripik pisang. Tim Pengabdian THP memandang perlu melakukan pendampingan diversifikasi kemasan yang pada kegiatan ini dilakukan pada  Kelompok Usaha Bersama Telo Rezeki.  Kegiatan pengabdian meningkatkan pengembangan wawasan secara signifikan (45%); perubahan prilaku dalam pemilihan kemasan dan penggunaan kemasan (25%) dan wawasan diversifikasi rasa (25%), serta peningkatan wawasan diversifikasi bentuk (50%).


Keywords


Pendampingan; Diversifikasi; Kemasan, Keripik pisang, Bentuk, Rasa

Full Text:

PDF

References


Asmiati, 2012. Analisis Nilai Tambah Pengolahan Ubikayu di Kecamatan Batauga Kabupaten Boton. Universitas Haluoleo. Kendari.

Kumalaningsih, S. 2006. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Bidang Industri Pangan Tradisional. http://www.bptp-jatim deptan.go.id/templates/templates/utama-3-kumalaningsih.pdf.

Mangunwidjaja, D dan Sailah, I. 2002. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya; Jakarta.

Mubarok AA, Arsyad A, Miftah H. 2015. Analisis nilai tambah dan margin pemasaran pisang menjadi olahan pisang. Jurnal Pertanian. 6(1):1-11

Wijana, S., Nurika, I & Ningsih, I. 2011. Analisis Kelayakan Teknis dan Finasial

Produksi Tapioka dari Bahan Baku Gaplek pada Skala Industri Kecil Menengah Studi Kasus di Sentra Industri Tapioka Kabupaten Kediri, Jatim. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 12, No. 7, pp: 130-137.




DOI: https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i3.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________________________________________________

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
ISSN 2721-026X (online)
Published by : ICSE (Institute of Computer Science and Engineering).
Website : http://icsejournal.com/index.php/JPKMI/
Email: jpkmi@icsejournal.com

 Creative Commons License JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.