Peningkatan Mutu Layanan Posyandu Melalui Peningkatan Pengetahuan dan Skill Kader di Kelurahan Cibunigeulis Tasikmalaya

Eneng Daryanti, Fitri Mardiana

Abstract


Angka kunjungan balita dan anak prasekolah ke Posyandu  masih dibawah target sasaran. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah belum optimalnya kinerja Kader Posyandu. Derajat kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan anak balita dan prasekolah di masyarakat sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan skill kader dalam pengelolaan Posyandu. Posyandu yang terletak di Kelurahan Cibunigeulis didirikan dengan begitu saja tanpa adanya pembinaan dari Puskesmas. Posyandu dikelola seadanya, para kader juga belum sempat memperoleh pelatihan spesial tentang bagaimana pengelolaan Posyandu yang baik dan benar. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kinerja kader dalam pengelolaan Posyandu melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan para kader sehingga mereka mampu untuk mengoptimalkan pelayanan. Adapun kegiatan dalam pengabdian masyarakat  ini dimulai dari pembinaan kader Posyandu meliputi perekrutan kader sebanyak 40 orang, kemudian mereka diberikan arahan arahan sekaligus demonstrasi tentang bagaimana pelayanan Posyandu dilakukan. Adapun dampak dari kegiatan pengmas ini adalah  meningkatnya peran serta aktif masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan melalui upaya peningkatan mutu layanan Posyandu melalui peningkatan pengetahuan dan skill kader sehingga mampu menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kemtaian Bayi), memalui pembenahan manajemen Posyandu yang mencakup berbagai asfek mulai dari pembenahan pencatatan sampai dengan promosi kesehatan kepada  masyarakat, dan menjadikan Posyandu sebagai sebagai center utama pelayanan kesehatan primer.


Keywords


Posyandu; kader; Pengetahuan dan skill

Full Text:

PDF

References


Alfina, R., & Isfandiari, M. A. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Peran Aktif Kader Dalam Penjaringan Kasus Probable Difteri. Jurnal Berkala Epidemiologi.

Aticeh, Maryanah, S. S. (2015). Pengetahuan Kader Meningkatkan Motivasi Dalam Melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 2(2), 71–76.

Dany, A., Safira, I. A., H, T. A., R, W. L., & Putro, W. (2017). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Menjalankan Fungsi Posyandu Di Padukuhan Sembung, Desa Purwobinangun, Pakem, Sleman. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hayati, N., & Fatimaningrum, A. S. (2017). Pelatihan Kader Posyandu Dalam Deteksi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 651–658.

Kemenkes RI. (2014). Kurikulum Dan Modul Pelatihan K Ader Posyandu.

Kesehatan, K. (2012). Ayo Ke Posyandu. Transfusion Medicine And Hemotherapy. Https://Doi.Org/10.1159/000317898

Rahmawati, H. A. (2017). Efek Pelatihan Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Kegiatan Penimbangan Balita Pada Kader Posyandu Di Kelurahan Rengas Kota Tangerang Selatan Tahu 2017.




DOI: https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i3.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________________________________________________

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
ISSN 2721-026X (online)
Published by : ICSE (Institute of Computer Science and Engineering).
Website : http://icsejournal.com/index.php/JPKMI/
Email: jpkmi@icsejournal.com

 Creative Commons License JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.