Peningkatan Pelayanan dan Manajemen Kearsipan di Kantor Desa Oringbele Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur

Ariston Felix Kopong Bura(1), Novinsia Constantina Bria(2), Paskalia Lodan Hayon(3), Stephanie Perdana Ayu Lawalu(4), Donna Isra Silaban(5), Yosef Dionisius Lamawuran(6),


(1) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(2) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(3) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(4) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(5) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(6) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Abstract


Dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, para pegawai Kantor Desa Oringbele diharapkan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik untuk menunjang aktivitas penyelenggaraan pemerintahan di desa. Diantaranya adalah pelayanan dan manajemen kearsipan.  Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan kegiatan kearsipan di Kantor Desa Oringbele, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi (pengamatan), kegiatan sosialisasi tentang kearsipan, pengisian kuesioner serta wawancara bersama narasumber, serta dokumentasi kegiatan pengelolaan arsip. Hasil dari kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat secara baik dan optimal, serta dapat melakukan penataan arsip pada tingkat desa dengan maksimal, sehingga pemerintah desa dan masyarakat dapat mengakses dokumen yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah

Keywords


Pengelolaan; Kearsipan; Pegawai; Kantor Desa Oringbele

Full Text:

PDF

References


Ardyawin, Iwin. 2017. “Kompetensi Arsiparis Dalam Pengelolaan Kearsipan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat.” Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 2(1): 33–45.

Atvenia, dkk. (2019). Pengelolaan Kearsipan Di Kantor Desa Watubula Kecamatan Dolo Kabupaten SigI. Kolaboratif Sains, 1343.

Basya, M. R. (2021). Analisis Pengelolaan Arsip di Kantor Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Administrasi PerKantoran, 439-453.

Drs. Azmy, M. (2013). Scenario Planning Peningkatan Kinerja Lembaga Kearsipan Dalam Pengolahan Arsip Statis Guna Meningkatkan Akses Dan Pelayanan Publik. Jurnal Kearsipan, 7-41.

Fauziah, L. G. (2019). Pengelolaan Arsip Dinamis Oleh Pegawai Di Kantor Kepala Desa Lumbung Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara.

Fitriani, I. (2013). Analisis Pengelolaan Kearsipan Pada Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Meylitasari, Rizki. 2019. “Pengaruh Pelatihan, Fasilitas, Dan Kompetensi Petugas Arsip Terhadap Pengelolaan Kearsipan.” Economic Education Analysis Journal 8(1): 148–62. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/29766.

Septiani, R. (2013). Pengelolaan Kearsipan Di Kantor Desa Paloan Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Jurnal Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan.

Suliyati, T. (2020). Pengelolaan Arsip Desa Kabupaten Rembang dalam Menunjang Pemerintahan Desa. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 493-507.

Wahid, H. A. (2015). Optimalisasi Pengelolaan Kearsipan Dalam Aktifitas Kerja Administrasi Oleh Perangkat Desa Di Kantor Desa Giri Mulya Kecamatan Kuranji Kabupaen Tanah Bumbu. Al'ulum.

Yani, S. (2021). Analisis Pengelolaan Kearsipan Pada Kantor Desa Pasir Emas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Juhanperak, 699-709.




DOI: https://doi.org/10.36596/jpkmi.v4i3.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________________________________________________

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
ISSN 2721-026X (online)
Published by : ICSE (Institute of Computer Science and Engineering).
Website : http://icsejournal.com/index.php/JPKMI/
Email: jpkmi@icsejournal.com

 Creative Commons License JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.