Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Edpuzzle Sebagai Media Pembelajaran SMKN 3 Komodo
(1) Politeknik Elbajo Commodus
(2) Politeknik Elbajo Commodus
(3) Politeknik Elbajo Commodus
(4) Politeknik Elbajo Commodus
(5) Politeknik Elbajo Commodus
Abstract
Abstrak: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penerapan metodologi pembelajaran hybrid berbasis teknologi dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pendidikan. Pembelajaran hybrid membutuhkan para pendidik untuk memiliki keterampilan dalam penggunaan teknologi. Inisiatif pemerintah untuk meningkatkan literasi digital siswa menekankan pentingnya pendidikan yang terintegrasi dengan teknologi. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2021 oleh Kominfo dan Katadata, indeks literasi digital Indonesia mencapai 3,407 dari skala 1 hingga 4, menegaskan urgensi untuk memulai program pengabdian masyarakat di sekolah-sekolah, terutama di daerah 3T. SMKN 3 Komodo, yang terletak di Manggarai Barat, NTT, adalah salah satu institusi yang relevan. Wawancara dengan kepala SMKN 3 Komodo menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar belum optimal. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan aplikasi edpuzzle. Sesi pelatihan intensif dilakukan untuk 49 guru dan 9 tenaga kependidikan, dengan fokus pada penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. Ini termasuk pelatihan langsung dalam membuat konten pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Edpuzzle. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang teknologi pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Terdapat juga peningkatan yang signifikan dalam literasi digital siswa, mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Ini menegaskan pentingnya investasi dalam pengembangan kompetensi guru dan integrasi teknologi. Meskipun demikian, tantangan tetap ada dalam memperluas penggunaan teknologi di berbagai mata pelajaran, melakukan evaluasi terhadap efektivitas teknologi, dan mempromosikan kolaborasi antara lembaga pendidikan dan badan penelitian. Integrasi teknologi dalam pendidikan menghasilkan dampak positif dan membutuhkan fokus berkelanjutan pada pengembangan kompetensi guru, evaluasi teknologi, dan kerjasama antar lembaga untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan teknologi di masa depan.
Abstract: Several studies have shown that the implementation of technology-based hybrid learning methodologies can significantly enhance students' understanding in the educational process. Hybrid learning requires educators to have skills in utilizing technology. Government initiatives to improve students' digital literacy emphasize the importance of education integrated with technology. According to a 2021 survey conducted by Kominfo and Katadata, Indonesia's digital literacy index reached 3.407 on a scale of 1 to 4, underscoring the urgency to initiate community service programs in schools, especially in 3T areas. SMKN 3 Komodo, located in Manggarai Barat, NTT, is one relevant institution. Interviews with the head of SMKN 3 Komodo revealed that the integration of technology into the teaching-learning process is not yet optimal. Therefore, this community service program aims to enhance the quality of education by utilizing the Edpuzzle application. Intensive training sessions were conducted for 49 teachers and 9 educational staff, focusing on the use of information technology in learning. This included direct training in creating interactive learning content using the Edpuzzle application. The results showed an improvement in teachers' understanding of educational technology, creating a more interactive and engaging learning environment for students. There was also a significant increase in students' digital literacy, encouraging active participation in the learning process. This underscores the importance of investing in teacher competence development and technology integration. However, challenges remain in expanding the use of technology in various subjects, evaluating the effectiveness of technology, and promoting collaboration between educational institutions and research bodies. Technology integration in education has yielded positive impacts and requires sustained focus on teacher competency development, technology evaluation, and inter-institutional collaboration to prepare students to face future technological challenges.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Astutik, Y., Agustina, S., Megawati, F., & Anggraini, R. (2023). Increasing English teachers’ innovation through training on teaching modules development with digital technology integration. Journal of Community Service and Empowerment, 4(3), 459–466. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i3.27579
Bili, O., & Surat, I. M. (2022). PkM di SMP Dwijendra Bualu dalam Pengembangan Edpuzzle dalam Media Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606029
Dewi, E. G. A., & Putri, I. G. A. P. D. (2021). Pelatihan Pengelolaan Kelas Daring Berbasis Aplikasi Google Classroom dan Edpuzzle di SMP PGRI 5 Denpasar Bali. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 203. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4244
Di, D., & Society, E. R. A. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN. 2(Juni), 121–128. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606104
Hartati, F. D., Islami, N., & Rahmad, M. (2023). Needs Analysis of Learning Video Development Using Edpuzzle Based Problem Based Learning to Improve Critical Thinking Skills of High School Students. Journal of Educational Sciences, 7(1), 27. https://doi.org/10.31258/jes.7.1.p.27-34
Hefniy, H., Al Farisi, Y., Qusairi, A., Amiruddin, M., Al Mahdi, A., Fajry, M. W., Reshufle, A. H., Nuvi, A., Amar, M. F., Al Zaman, M. N., Hidayatullah, M., Masruroh, S., Billah, A. M., Maulana, H. A., Sodikin, S., & Hasyim, M. (2021). PKM Online Classroom Management Training Based on Google Classroom and Edpuzzle Applications at SMP Negeri 1 Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 981–988. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.3090
Mardhiyana, D., Setyarum, A., & Fitri, A. (2022). Penggunaan Video Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika dan Bahasa pada Era Merdeka Belajar di SMP Al Fusha Kedungwuni. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1671. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6139
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nengsih, R., Hikmah, R., & Astuti, L. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 381–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12528
Rauni. (2022). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Terhadap Inovasi Pendidikan Di Era Digital. 32–37. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/ck7pr
Sarwendah, A. P., Azizah, N., & Mumpuniarti, M. (2023). The use of technology in hybrid learning for student with special needs. Journal of Education and Learning, 17(2), 317–325. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20810
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.
Vivianingsih, V., Suhliyatin, N., Mahmudah, M., & Al Ayubi, S. (2023). The effect of interactive learning video media aided by Edpuzzle toward student learning. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 10(1), 24. https://doi.org/10.17977/um031v10i12023p024
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________
Published by : ICSE (Institute of Computer Science and Engineering).
Website : http://icsejournal.com/index.php/JPKMI/
Email: jpkmi@icsejournal.com
JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.